Ketidakpastian ini terjadi pada puncak musim pengiriman liburan para pengecer, yang biasanya berlangsung dari Juli hingga awal November.
NEW YORK – Pelabuhan Amerika Serikat mulai dari Maine hingga Texas akan ditutup pada Selasa jika serikat pekerja yang mewakili sekitar 45.000 pekerja pelabuhan melakukan ancaman mogok kerja.
Dengan semakin dekatnya musim belanja saat liburan dan semakin dekatnya pemilihan presiden yang menegangkan, penutupan yang berkepanjangan dapat menaikkan harga barang-barang di seluruh negeri dan dapat menyebabkan kelangkaan dan harga yang lebih tinggi di pengecer besar dan kecil.
“Yang pertama dan terpenting, kami perkirakan akan ada penundaan dalam waktu pemasaran. Penundaan tersebut sangat bergantung pada komoditasnya, prioritas pelabuhan, dan seberapa cepat pergerakannya,” kata Mark Baksa, presiden Dewan Rantai Pasokan. Profesional Manajemen. Mark Baxa) berkata.
Apa saja permasalahan yang terjadi dengan pemogokan pekerja dermaga?
Asosiasi Pekerja Pelabuhan Internasional (International Longshoremen's Association) menuntut kenaikan upah yang signifikan dan larangan total terhadap otomatisasi derek, gerbang, dan truk kontainer yang digunakan untuk memuat dan menurunkan muatan di 36 pelabuhan AS. Pelabuhan-pelabuhan ini menangani sekitar setengah dari muatan kapal negara tersebut.
Kontrak antara International Longshoremen's Association dan American Maritime Alliance, yang mewakili pelabuhan-pelabuhan tersebut, akan berakhir pada hari Selasa. Kedua belah pihak belum mengadakan pembicaraan sejak Juni. Pemogokan yang dilakukan oleh para pekerja ILA ini akan menjadi yang pertama bagi serikat pekerja tersebut sejak tahun 1977.
ILA mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Senin: “Perusahaan pelayaran laut, seperti USMX, berharap dapat menikmati keuntungan miliaran dolar pada tahun 2024, sementara mereka menawarkan paket upah yang tidak dapat diterima kepada pekerja pelabuhan ILA yang kami tolak.
Port mana yang terpengaruh?
Meskipun pelabuhan mana pun dapat menangani semua jenis kargo, beberapa pelabuhan mengkhususkan diri dalam menangani kargo dari industri tertentu. Pelabuhan yang terkena dampak penutupan ini termasuk Baltimore dan Brunswick, Georgia, dua pelabuhan otomotif tersibuk; Philadelphia, yang memprioritaskan penanaman buah-buahan dan sayuran; dan New Orleans, yang menangani kopi dari Amerika Selatan dan Asia Tenggara, kopi dari Meksiko dan Eropa Utara berbagai bahan kimia dan produk kayu seperti kayu lapis dari Asia dan Amerika Selatan.
Pelabuhan besar lainnya yang terkena dampak termasuk Boston; New York/New Jersey; Norfolk, Virginia; Wilmington, North Carolina, South Carolina;
Bisakah pemerintah turun tangan?
Jika pemogokan tersebut dianggap menimbulkan ancaman terhadap kesehatan perekonomian AS, Presiden Joe Biden dapat meminta perintah pengadilan yang memberikan masa tenang selama 80 hari berdasarkan Undang-Undang Taft-Hartley tahun 1947. Tindakan ini akan menghentikan pemogokan.
Namun dalam percakapannya dengan wartawan pada hari Minggu, Biden menjawab “tidak” ketika ditanya apakah dia berencana melakukan intervensi terhadap kemungkinan penutupan yang direncanakan akan berdampak pada pelabuhan-pelabuhan di Pantai Timur.
“Karena ini adalah perundingan bersama, saya tidak percaya pada UU Taft-Hartley,” kata Biden.
Bagaimana dampaknya terhadap konsumen?
Pemogokan bisa berlangsung berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan. Jika pemogokan dapat diatasi dalam beberapa minggu, konsumen mungkin tidak menyadari adanya kekurangan barang eceran yang serius. Namun pemogokan tersebut, yang berlangsung lebih dari sebulan, dapat menyebabkan kekurangan beberapa barang konsumsi, meskipun sebagian besar barang ritel untuk liburan telah tiba dari luar negeri. Pembeli mungkin melihat kenaikan harga pada segala hal mulai dari buah-buahan dan sayuran hingga mobil.
Pengecer membuat rencana darurat
Rick Haase, pemilik jaringan mini toko suvenir Patina di dan sekitar Twin Cities, Minnesota, mengatakan pengecer telah beradaptasi dengan gangguan rantai pasokan sejak tahun 2021 ketika kemacetan pandemi menyebabkan gangguan normal rantai pasokan yang parah”.
“Pendekatan terbaik Patina adalah menerima pesanan lebih awal dan menyimpan barang di gudang dan gudang kami untuk memastikan kami memiliki stok barang penting,” katanya.
Daniel Vasquez, pemilik Dynamic Auto Movers di Miami, Florida, yang berspesialisasi dalam impor dan ekspor kendaraan, telah meningkatkan inventarisnya, terutama kendaraan dengan waktu pengiriman lebih lama, sebagai respons terhadap pemogokan tersebut.
Dia juga berhenti bergantung pada satu pelabuhan atau mitra pelayaran dan memperluas hubungan dengan pelabuhan-pelabuhan kecil dan perusahaan pelayaran yang dapat melewati daerah-daerah yang padat.
“Langkah ini memberi kami keuntungan – memiliki mitra cadangan berarti jika serangan menjadi parah, kami dapat mengubah rute pengiriman barang secara efektif,” katanya.
Bagaimana dampak pemogokan terhadap belanja liburan?
Kemungkinan serangan ini terjadi ketika jaringan pasokan terus menghadapi tantangan dari serangan Houthi yang sedang berlangsung terhadap pelayaran komersial, kata Jonathan Gold, wakil presiden kebijakan rantai pasokan dan bea cukai di National Retail Federation, kelompok perdagangan ritel terbesar di AS akses ke Laut Merah dan Terusan Suez.
Ketidakpastian juga terjadi pada puncak musim pengiriman liburan para pengecer, yang biasanya berlangsung dari Juli hingga awal November. Mengantisipasi pemogokan tersebut, banyak pengecer besar mulai mengirimkan barang ke pusat distribusi AS pada bulan Juni, dan Gold mencatat bahwa sebagian besar produk telah tiba di AS.
Namun pengecer akan kesulitan mengisi kembali barang dagangan dan akan mengeluarkan biaya gudang tambahan untuk menyimpan barang dagangan lebih lama. Gold juga mencatat bahwa operator telah mengumumkan biaya tambahan pada kontainer untuk memperhitungkan potensi gangguan.
Toy Association, kelompok perdagangan mainan terkemuka di AS, adalah salah satu dari sekitar 200 kelompok perdagangan yang mengirimkan surat bersama kepada Presiden Biden awal bulan ini yang mendesak pemerintah untuk bekerja sama dengan ILA dan USMX dalam sebuah kontrak. Greg Ahearn, presiden dan CEO perusahaan, menyatakan bahwa pemogokan terjadi pada saat yang sangat kritis bagi penjual dan produsen mainan – sebanyak 60% penjualan tahunan perusahaan mainan berasal dari kuartal keempat. Dia mengatakan periode pengiriman liburan industri mainan dimulai pada bulan Juli dan berlangsung enam hingga delapan minggu, namun beberapa perusahaan mainan mencoba mengirimkan lebih awal atau meningkatkan pengiriman.
“Itu mempengaruhi banyak aspek,” katanya. “Dari sudut pandang konsumen, pertama-tama terjadi keterlambatan pasokan, yang kemudian mulai bermanifestasi sebagai kekurangan produk mainan, di sektor ritel industri mainan, hal ini dapat menyebabkan kenaikan harga karena kelangkaan dan peningkatan biaya.
Penulis Associated Press Tom Krisher di Detroit dan Stephen Groves di Dover, Del., berkontribusi pada laporan ini.